Persib Juara Paruh Musim setelah Sukses Kandaskan Persebaya 4-3

Ilustrasi: Persib Bandung menjadi juara paruh musim setelah mengandaskan Persebaya

MONITOR, Surabaya – Mimpi Persib Bandung menjadi pimpinan klasemen di paruh musim Liga 1 akhirnya terwujud. Itu setelah, Maung Bandung-julukan Persib-berhasil memenangkan duel kontra Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (26/7) malam.

Kendati laga digelar di kandang lawan, namun Persib yang mengenakan kostum putih-putih langsung menunjukkan ambisinya ingin memenangkan pertandingan. Tidak butuh waktu lama, Maung Bandung berhasil membobol gawang tim berjuluk Bajul Ijo.

Memanfaatkan umpan silang Ezechiel N’Douassel, Supardi Nasir berhasil menanduk bola dengan sempurna hingga mengarah ke pojok kanan gawang Persebaya yang dikawal Miswar Saputra.

Gol cepat itu membuat tim kebanggaan warga Jawa Barat semakin bersemangat. Sebaliknya, tuan rumah nampak tidak percaya gawangnya begitu mudah dibobol Supardi Nasir.

Situasi tuan rumah yang masih limbung benar-benar dimanfaatkan Persib. Maung Bandung berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-23. Lagi-lagi Supardi yang menjebol gawang Persebaya. Skor 2-0 untuk keunggulan Persib bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua pertandingan berjalan dengan tempo cepat. Persebaya ingin segera dapat membalas dua gol yang dicetak Persib di babak pertama. Alih-alih ingin memperkecil keunggulan, Miswar Saputra kembali dipaksa memungut bola dari gawangnya sendiri. Kali ini giliran Ghozali yang mencetak gol ketiga Persib saat pertandingan baru masuk menit 53.

Tertinggal tiga gol tidak ada pilihan bagi Persebaya kecuali keluar menyerang. Upaya itu membuahkan hasil. Persebaya berhasil mencetak tiga gol masing-masing dicetak Ricky Kayame pada menit ke-57, Eko Utomo pada menit 64, dan David Da Silva pada menit 88.

Sayang, sebelum David Da Silva mencetak gol, Persib justru berhasil menambah gol yang dicetak Ghozali pada menit ke-81. Skor 4-3 untuk keunggulan Persib bertahan hingga wasit meniup tanda berakhirnya pertandingan.

Kemenangan ini membuat Persib menjadi juara paruh musim Liga 1 2018 dengan torehan 29 poin dari 17 pertandingan. Persib unggul satu poin atas Barito Putera dan PSM Makassar.Sementara Persebaya tetap berada di posisi ke-13 dengan koleksi 22 poin.