Son Heung-min tinggalkan Tottenham Hotspurs demi Asian Games 2018

Pemain Korea Selatan, Son Heung-min

MONITOR – Kesetiaan dan Nasionalisme bintang sepakbola Korea Selatan yang bermain di Klub Liga Premier Inggris Tottenham Hotspurs, Son Heung-min patut diacungi jempol. Ya, Son wajib ikut Asian Games dan meraih medali emas bersama Korsel. Sebab, gagal juara akan membuat Son harus ikut wajib militer.

Disisi lain, Son harus rela mengorbankan penampilannya di Spurs demi bisa memperkuat negeri ginseng di Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang.

Sebelumnya, Tottenham Hotspurs memberikan Lampu Hijau untuk melepas Son bermain bersama Tim nasional jika lolos babak grup sehingga The Lilywhites bisa memainkannya setidaknya dua laga pembuka Liga Primer Inggris sekitar periode November-Januari.

Setelah pertimbangan matang kedua pihak baik Spurs maupun Korsel, Son akhirnya bisa sepenuhnya bermain di Asian Games 2018 di Jakarta. Namun Son dipastikan bakal absen di laga pembuka melawan Bahrain tanggal 12 Agustus sebab baru datang tanggal 13 Agustus.

Pengorbanan Son untuk tampil di Asian Games rupanya tidak hanya harus absen di pembuka liga inggris, Pemain 28 tahun itu juga harus menerima kompensasi absen di banyak laga internasional Korsel, termasuk Piala Asia bulan Januari mendatang.