Pemerintah Ghana Bubarkan Federasi Sepak Bola Negaranya

Ghana Football Association

MONITOR, Accra – Geram atas sejumlah pejabat teras federasi, termasuk presiden federasi yang terlihat dalam film dokumenter mengenai praktik suap di sepak bola, Pemerintah Ghana memutuskan membubarkan federasi Sepakbola negaranya atau Federasi Sepak Bola Ghana (GFA).

Dalam video dokumenter itu Kwesi Nyantakyi yang juga Anggota Dewan FIFA ini tampak berada di kamar hotel untuk menerima suap. Uang yang didapat dari seorang pengusaha sponsor Liga Sepak Bola Ghana itu mencapai 65 ribu dolar AS.

Menteri Informasi Ghana Mustapha Hamid mengatakan keputusan Pemerintah Ghana membubarkan GFA adalah langkah cepat untuk menyelamatkan masa depan persepakbolaan negeri itu termasuk untuk segera menginisiasi dibentuknya kepengurusan federasi sepak bola yang baru.

Surat Pembubaran GFA

Pemerintah Ghana lanjut Mustapha Hamid siap dengan segala konsekuensi pembubaran GFA termasuk keputusan itu akan berujung kepada sanksi dari FIFA.

“Pemerintah terkejut dan marah setelah melihat video dokumenter itu. Film dokumenter ini memperlihatkan secara jelas telah terjadi malfungsi dalam pengelolaan GFA,” kata Menteri Mustapha Hamid.

“Penipuan, korupsi, dan penyuapan sudah menyebar luas. Ini sebagai akibat dari sifat busuk yang membusuk di dalam GFA,” tambahnya. Menteri Mustapha Hamid, menambahkan.

Pemerintah segera mengkomunikasikan keputusan ini kepada Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) dan FIFA. Pemerintah Ghana akan terlibat aktif bersama CAF dan FIFA untuk memetakan jalan ke depan bagi persepakbolaan Ghana.

Sementara itu, Presiden GFA Kwesi Nyantakyi sama sekali tidak merespons keputusan dari Pemerintah Ghana. Namun GFA disebutkannya bersedia bekerja sama dengan pihak manapun untuk melakukan penyelidikan.