Butuh Keajaiban, Ini Skema Argentina Bisa Lolos ke Babak 16 Besar

Ilustrasi : Ekspresi Lionel Messi usai dikalahkan Kroasia 3-0

MONITOR – Salah satu kejutan yang terjadi di Piala Dunia 2018 Rusia adalah terseok-seoknya Argentina di fase Grup. Maklum saja, tim bertabur bintang itu kini berada di ujung tandunk untuk lolos ke babak 16 besar.

Dari dua pertandingan yang sudah dimainkan, Lionel Messi dkk baru meraih satu poin hasil imbang 1-1 melawan islandia dan menyerah 0-3 saat melawan Kroasia. Pada laga ke-3 atau laga terakhir grup, Argentina akan menghadapi Nigeria. Menang akan menjaga peluang Argentina lolos, namun jika seri apalagi kalah, maka Tim Tango harus segera angkat koper dari Rusia.

Saat ini dari klasemen Grup D, baru Kroasia yang sudah memastikan diri lolos, sementara tiga tim lainnya Nigeria, Islandia, dan Argentina berebut satu tiket sisa. Dari klasemen sementara, Kroasia berada di puncak dengan 6 poin (dua kali menang), disusul Nigeria 3 poin (1 kali menang, 1 kali kalah), Islandia 1 Poin (satu kali imbang, satu kali kalah), dan Argentina 1 poin (satu kali imbang, satu kali kalah).

Klasemen Sementara Grup D Piala Dunia 2018 Rusia

Lalu bagaimana skema Argentina bisa lolos? berikut hitung-hitungannya :

Argentina wajib menang melawan Nigeria sehingga membuat mereka mengoleksi nilai 4. Itupun dengan catatan jika Islandia bisa menang melawan Kroasia maka harus ditentukan oleh selisih gol antara kedua Timnas tersebut. Jika selisih gol masih sama, artinya akan ada perhitungan disiplin melalui jumlah didapatnya kartu, baik kuning maupun merah.

Jika Argentina tidak mampu mengalahkan Nigeria atau imbang, maka Nigeria yang akan lolos ke babak 16 besar. Hasil pertandingan Kroasia vs Islandia tidak akan mempengaruhi posisi Nigeria dari posisi dua klasemen.

Sementara itu, Timnas Islandia juga masih memiliki peluang yang sama dengan Argentina dengan catatan mereka mampu mengatasi Kroasia dengan banyak gol.

Menarik untuk mengetahui siapa akan lolos mendampingi Kroasia dari Grup D yang akan ditentukan pada laga dini Hari nanti, Rabu (27/6/2018) pukul 01.00 WIB.