Bantai Kroasia, Spanyol Tunjukkan Kelasnya

Pemain Spanyol, Marco Asencio melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kroasia (twitter)

MONITOR – Tim nasional Spanyol kembali menunjukan taringnya. Ya, tim matador itu berhasil membantai finalis Piala Dunia 2018, Korasia dengan skor telak 6-0 , dalam laga penyisihan Grup 4 Nations League di Estadio Manuel Martinez Valero, di Estadio Manuel Martínez Valero, Rabu (12/9/2018) dinihari WIB.

Pemain Spanyol, Marco Asencio usai mencetak gol ke gawang Kroasia (twitter)

Kemenangan Spayol 6-0 atas Kroasia tak lepas dari permainan gemilang yang ditunjukan oleh Marco Asensio. Pasalnya selain berhasil melesakan satu gol ke gawang kroasia, pemain Real Madrid ini berhasil memberi aksis sempurna atas terjadinya lima gol lainnya.

Dengan kemenangan ini Spanyol tentu saja meraih nilai sempurna dengan enam poin dari dua kali laga, sedangkan Inggris dan Kroasia belum memiliki nilai.

Kroasia sebagai pemegang peringkat tiga Piala Dunia Rusia, sebetulnya pada laga awal mampu melayani permainan tuan rumah. Bahkan Luca Modric Cs mampu menciptakan peluang lebih awal.

Pemain Spanyol, Isco dan Pemain Kroasia Luca Modric yang tertunduk lesu

Namun Spanyol membalas dengan serangan berbahaya yang nyaris membuat Matej Mitrovic hampir membuat gol bunuh diri.

Setelah terjadi jual beli serangan, akhirnya Spanyol unggul menit ke-24 lewat gol Saul Niguez .

Diawali dari umpan silang Dani Carvajal dari sisi kanan, Saul menyambut bola dengan sundulan yang lebih dahulu menyentuh tanah sebelum menaklukkan penjagaan kiper Lovre Kalinic.

Spanyol kembali unggul menit ke-33. Gol ini akibat kelalaian pemain belakang Kroasia. Salah mengoper bola dan berhasil direbut Asensio. Pemain Real Madrid ini lalu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tidak bisa dihalau oleh kiper Kroasia.

Gol ketiga tuan rumah tercipta menit ke-35. Lagi-lagi Asensio yang jadi arsiteknya. Melepaskan tembakan keras dan bola membentur mistar, lalu memantul mengenai Kalinic sebelum masuk ke gawang Kroasia. Babak pertama Spanyol unggul 3-0.
Memasuki babak kedua, Spanyol tidak mengendorkan tekanan. Baru tiga menit laga berjalan, Spanyol kembali membobol gawang Kroasia untuk keempat kalinya sehingga mengubah kedudukan menjadi 4-0.

Asensio mengirim umpan terobosan, Rodrigo terbebas sehingga leluasa menggiring bola ke kotak penalti. Striker Valencia itu menyarangkan bola ke sudut bawah gawang dengan sepakan mendatar meski Kalinic mencoba menghalangi.

Spanyol semakin di atas angin. Di menit ke-57, giliran Sergio Ramos menjebol gawang Kroasia untuk menjadikan keunggulan Spanyol 5-0.

Pemain Kroasia, Luca Modric dan pemain lainnya nampak kecewa

Asensio kembali menjadi kreator. Tendangan sudutnya dari kanan pertahanan Kroasia diterima Ramos yang dengan mudah mengalahkan penjagaan lini belakang sebelum mengarahkan sundulannya ke tengah gawang.

Spanyol menggenapkan pesta golnya dengan mencetak gol keenam menit ke-70. Menerima umpan silang Asensio, Isco berada di dalam kotak penalti tanpa kawalan. Gelandang Real Madrid itu melepaskan sepakan kaki kanan akurat yang bersarang di pojok atas gawang Kalinic.

Unggul jauh tidak membuat Spanyol kehilangan gairah menyerang. Lima menit sebelum waktu normal berakhir, tembakan Rodrigo ke arah tiang jauh masih melebar.