Zulhas Singgung Peluang Lahirnya Poros Baru di Pilpres 2019

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan meyakini, peluang terbentuknya poros baru jelang Pilres 2019 masih terbuka lebar. Poros baru yang dikaksud yakni koalisi diluar partai pendukung Joko Widodo maupun Prabowo Subianto.

"Tentu masih ada peluang, ada poros tiga, poros dua, ada poros satu juga, dan itu semua masih terbuka kan baru penjajakan-penjajakan. Masih belum ada kesimpulan akan hanya ada satu, dua atau tga poros," kata Zulkifli di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (7/3).

Terkait motor koalisi baru nantinya, Zulkifli yakin setiap partai politik memiliki takaran kekuatan masing-masing. "Ya masing-masing parpol kan syaratnya 20 persen, nggak mungkin tidak koalisi kan. Jadi musti ketemu, kan cuma sembilan persen, kurang sedikit tidak bisa sendiri. Pasti koalisi mengusung bersama-sama. Begitu juga partai lain. Gerindra, Demokrat, Golkar kan musti sama-sama," paparnya.

Pria yang kini tengah menjabat sebagai Ketua MPR RI tersebut mengutarakan, saat ini partainya terus melakukan penjajakan dan komunikasi intens dengan semua partai yang ada. Termasuk menjajaki peluang membentuk poros tiga dengan Demokrat.

"Menjurus belum, tapi silaturahmi sudah," pungkasnya.