Wapres Minta Cabor Berisap Untuk Pelatnas Asian Games

MONITOR, Jakarta – Wakil Presiden RI, Jusuf kalla (JK) menghimbau agar masing-masing Cabang Olahraga (Cabora) segera bersiap diri untuk pemusatan Pelatihan Atlet-Atlet Nasional (Pelatnas) tanpa di perintah olehnya.

JK yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Asian Games juga menuturkan, pihaknya tengah memberi target kepada masing-masing cabang olahraga. Sehingga, Satlak Prima dan Komite Olahraga Nasional Indonesia dapat segera membuat perencanaan ihwal itu.

"Pelatnas itu tidak perlu pakai perintah. Itu tugas cabang olahraga sendiri untuk melaksanakan yang terbaik. Kami kasih target kepada cabang olahraga dan mereka membuat perencanaan dengan Satlak Prima atau Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)," kata Wapres di Senayan, Jakarta, pada Selasa (3/10).

Namun, Wapres mengatakan proses latihan para atlet nasional yang akan berlaga dalam Asian Games 2018 bukan hanya dimulai pada Oktober melainkan latihan berkelanjutan sebelum SEA Games 2017.

"Mereka latihan terus-menerus dan bukan hanya 10 bulan jelang Asian Games. Atlet-atlet itu juga sudah latihan berapa tahun untuk itu. Mereka latihan untuk SEA Games dan itu juga termasuk hasilnya nanti untuk Asian Games dan Olimpiade," ujar Wapres.

Wapres berjanji akan mempercepat dana pelatnas untuk mendukung proses latihan atlet-atlet nasional demi prestasi dalam Asian Games 2018.

"Dana cukup. Saya minta percepatan pencairan dari sebulan menjadi seminggu," ujar Wapres.