Usung Cucu Soekarno di Pilkada Jatim, Ini Kata Sekjen PDIP

MONITOR, Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya resmi mengumumkan nama Puti Guntur Soekarnoputri sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur, mendampingi Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pilkada Jatim 2018. 

Keputusan resmi itu diumumkan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di sela-sela perayaan HUT ke-45 PDIP. Hasto menyatakan, keputusan tersebut diambil PDIP berdasarkan masukan dari Saifullah Yusuf sebagai cagub, serta amanah dari para kiai, alim ulama dan tokoh masyarakat Jawa Timur. 

"Berdasarkan pertimbangan itulah Bu Megawati Soekarnoputri sepakat mengusung Puti," tutur Hasto di JCC Senayan, Rabu (10/1/2018).

Dengan diusungnya Cucu Soekarno ini, sejumlah kalangan menduga suara-suara perempuan Jawa Timur akan terpecah untuk memilih antara Puti Guntur ataukah Khofifah Indar Parawansa.

Diketahui sebelumnya, sebuah foto dokumen viral di media sosial. Surat tersebut berupa surat keputusan PDIP dengan nomor 3938/IN/DPP/I/2018 yang ditandatangani Ketum PDIP Megawati dan Sekjen Hasto Kristiyanto, pada Rabu (10/1/2018).

Surat tersebut menyatakan, PDIP memberikan persetujuan kepada Puti Guntur Soekarno sebagai calon Wakil Gubernur, yang akan mendampingi Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018.

Advertisementdiskusi publik wagub dki