Tingkatkan Pengawasan, BKKBN Lantik Auditor Baru

MONITOR, Jakarta – Sejumlah pejabat fungsional Auditor di lingkungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) resmi dilantik, Jumat (16/3). Pelantikan ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Utama BKKBN, Nofrijal, di Ruang Serbaguna Kantor Pusat BKKBN.

Dalam kesempatan itu, Nofrijal mengatakan, para auditor yang sudah dilantik harus menjalankan tugas sebagai audit internal yang mempunyai tugas melaksanakan pengawasan intern atas penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi di lingkungan BKKBN.

“Saya minta Saudara agar melaksanakan tugas baru dan jabatan baru dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Segera pahami dan dalami tugas saudara yang baru. Dalam mengemban amanah yang diberikan, hendaknya Saudara dapat menunjukkan keunggulan yang saudara miliki dalam bentuk prestasi kerja sebagai Auditor dan Auditor Kepegawaian di lingkungan BKKBN," ujar Nofrijal tegas.

"Selain itu, auditor ini berperan sebagai pengawal bagi BKKBN dalam mencapai opini wajar tanpa pengecualian seperti yang kita harapkan bersama," tambahnya.

Pada pelantikan ini, terdapat 1 orang yang diangkat pertama kali dalam jabatan Auditor Kepegawaian melalui formasi CPNS dan 5 (lima) orang yang diangkat dalam jabatan Auditor melalui perpindahan dari jabatan lain, serta 1 (satu) orang Auditor Ahli Pertama yang naik Jabatan ke Auditor Ahli Muda.

Laporan keuangan BKKBN sendiri selama tiga tahun (2014-2016) masih Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Tahun 2017 semua jajaran pimpinan dan pegawai BKKBN berkomitmen untuk menuju laporan keuangan tahun 2017 Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Untuk mencapainya, tentu harus didukung pertanggungjawaban keuangan harus dilaksanakan secara cepat dan sesuai ketentuan yang berlaku.

BKKBN dalam upayanya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan dalam rangka akuntabilitas pengelolaan keuangan, seluruh Pimpinan Unit Eselon I dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi beserta seluruh pegawai wajib menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) secara efektif di lingkungan kerjanya masing- masing.