Timor Leste Belajar Sistem Pemilu ke KPU RI

MONITOR, Jakarta – Comissao Nacional da Eleicoes (CNE) atau Penyelenggara Pemilu di Timor Leste melakukan kunjungan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (22/11). Ketua KPU RI Arief Budiman dan Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari menyambut anjangsana mereka.

Delegasi CNE yang dipimpin langsung oleh Presiden Komisaris CNE Alcino de Aralijo Baris dalam rangka mempelajari sistem informasi yang digunakan di Indonesia dalam penyelenggaraan pilkada dan pemilu.

Selain melakukan dialog dengan Ketua KPU RI Arief Budiman dan Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari, delegasi CNE tersebut juga melakukan kunjungan ke Operation Room KPU RI untuk mengetahui secara langsung bagaimana sistem informasi yang digunakan oleh KPU RI dalam pilkada dan pemilu.

Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan bahwa KPU menggunakan sistem informasi di setiap tahapan pilkada dan pemilu. Ke depan, seluruh sistem informasi tersebut akan dibuat integrated.

“Saat ini masyarakat bisa mengakses sistem informasi KPU, contohnya apabila masyarakat akan mengecek calon yang akan dipilihnya dari dapil mana dan profilnya seperti apa, dapat langsung mengakses sistem informasi KPU,” jelas Arief.

Selain ke Operation Room KPU RI, delegasi CNE juga melakukan kunjungan ke ruang pelayanan informasi PPID KPU RI dan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU RI.