TGB Disebut-sebut Incar Kursi Cawapres Jokowi

Gubernur NTB TGB Zainul Majdi mendampingi Presiden Joko Widodo (net)

MONITOR, Jakarta – Dukungan Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi kepada Jokowi sebagai calon presiden 2019 terus menuai pro kontra di kalangan publik. Menanggapi hal itu, Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan bahwa pernyataan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Itu bukanlah sesuatu yang spontan.

Menurutnya, pernyataan TGB itu telah memiliki pertimbangan yang matang. Ia meyakini dukungan TGB untuk Jokowi mengandung pesan tertentu, yakni mengisyaratkan bahwa TGB berminat menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Jokowi pada pilpres nanti.

“Saya melihat dari perilaku komunikasi politik dan perilaku lainnya bahwa TGB tampaknya berkeinginan dipasangkan dengan Jokowi. Apalagi dipertegas dengan pernyataan memberikan dukungan,” kata Emrus kepada MONITOR, Sabtu (7/7).

Dengan demikian, Emrus juga menyarankan agar Jokowi menggandeng TGB sebagai calon wakil presiden (cawapres). Menurutnya, andai saja Jokowi tidak menggandeng TGB sebagai cawapres, maka Jokowi bisa menggandeng kepala daerah lain yang berlatar belakang ulama untuk duduk di kabinet.

“Dalam politik tidak ada dukungan yang gratis. TGB pasti ingin mendapatkan insentif politik atas dukungannya untuk Jokowi, insentif paling tinggi dari Jokowi untuk TGB ialah Cawapres, jika tidak, bisa sebagai menteri dalam negeri,” tukasnya.

Tak hanya itu, Emrus juga menilai kalau cucu pendiri Nahdatul Wathan (NW) Tuan Guru Pancor itu, merupakan salah satu tokoh yang sudah teruji. Menurutnya, selain sukses dalam memimpin Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam dua periode TGB juga sosok religius. Sehingga menjadi obat penawar untuk menepis isu kalau Jokowi anti islam. Kata dia, itu akan menjadi magnet untuk menarik dukungan tambahan bagi Jokowi.

“Menurut saya, dia (TGB) sudah roadshow seluruh Indonesia dan bagaimanapun itu menjadi magnet kemenangan. Saya sarankan Jokowi merangkul beliau menjamin kemenangan 2019,” ujar Emrus.

Dia menambahkan, sejauh ini TGB telah menjadi panutan bukan hanya untuk warga NTB namun juga masyarakat Indonesia. Ia juga mengatakan kalau sosok TGB ketika keliling Indonesia untuk menyampaikan dakwah selalu mampu menyedot massa.

“Beliau ilmuwan agama yang luar biasa. Keilmuannya digunakan untuk bangsa dan negara,” kata Direktur Eksekutif EmrusCorner itu.