Tembakan Busur Panah Presiden Jokowi Resmikan Hitung Mundur Asian Games 2018

MONITOR, Jakarta – Countdown atau hitung mundur pesta olahraga negara-negara Asia atau Asian Games ke-18 Tahun 2018 secara resmi dimulai, Jumat (19/8) malam, di Monumen Nasional, Jakarta dan di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatra Selatan.

Mengangkat tema “Energy of Asia”, countdown clock diletakkan di titik strategis di DKI Jakarta dan Sumatra Selatan yang menjadi provinsi penyelenggara, yaitu di Bundaran HI, Jakarta dan di Stadion Jakabaring, Palembang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengenakan jaket merah dengan membawa perangkat olahraga panahan meresmikan countdown Asian Games 2018 dari Monumen Nasional, Jakarta.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim kita sambut 365 hari menjelang Asian Games ke-29 di tahun 2018," ucap Presiden Jokowi.

Presiden dengan busur yang telah disiapkan kemudian melepaskan anak panah. Tepat setelah anak panah tertancap ke bidang sasaran yang sudah ditentukan, hitung mundur pun dimulai.

Pertunjukan tarian kolosal “Ruwat Bumi” dari seniman tari Eko Supriyanto dan Hartati, membuka acara. Diikuti dengan video maping dikombinasi dengan atraksi 300 drone, hingga pertunjukan kembang api yang memukau semakin menambah semarak hitung mundur hajatan olahraga besar di ASIA.

Masyarakat yang hadir begitu terpana dengan aksi 300 drone yang dihadirkan pada malam ini. Gugusan ratusan drone tersebut membuat kompsisi yang begitu rapi, mulai dari bentuk kembang api, tulisan Asian Games 2018, hingga lambang Burung Garuda.

Selain itu, sejumlah artis, seperti Taeyeon dan Heoyeon SNSD, Raisa, Tulus, GAC, Dira Sugandi, Ikke Nurjanah, Far East Movement, NEV+ Bams, Judika, Denada+ DJ Jesse, hingga Rizky Febian juga turut memeriahkan acara ini.