Tanggapi Aksi Bela Palestina, Ini Sikap Muhammadiyah

MONITOR Jakarta –Sekretaris Umum Pimpinan  Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti menegaskan dukungan kepada Palestina. Ia menyebut, Muhammadiyah bersama komponen pimpinan ormas Islam dan tokoh bangsa lainnya akan berupaya menyelamatkan Jerussalem dari cengkeraman Pemerintah Zionis Israel. 

"Muhammadiyah akan bersama-sama dengan komponen umat Islam dan elemen bangsa lainnya berunjuk rasa di depan kedutaan USA. Pendudukan Israel atas Jerusalem dan Palestina harus dihentikan karena bertentangan dengan kemanusiaan, keadian, dan resolusi PBB tentang kedaulatan dan wilayah Palestina," ujar Abdul Mu'ti dalam keterangan persnya, Jumat (15/12).

Selain itu, Mu'ti mengatakan Muhammadiyah mendesak Pemerintahan Presiden Donald Trump untuk mencabut keputusannya, sebelum jatuh lebih banyak korban jiwa karena konflik Israel – Palestina. Muhammadiyah juga menyerukan kepada negara-negara Arab untuk bersikap tegas menentang sikap USA dan Israel. 

"Solidaritas bangsa Arab penting untuk mencegah kemungkinan terjadinya kekerasan dan memberikan dukungan politik bagi perjuangan bangsa Palestina," jelasnya.

Terkait unjuk rasa bela Palestina, Mu'ti mempersilahkan warga Muhammadiyah yang memiliki kesempatan dan kemampuan dipersilakan bergabung dengan massa dengan membawa atribut dan perlengkapan yang diperlukan termasuk makanan dan obat-obatan. 

"Selama melakukan aksi, hendaknya tetap menjaga ketertiban dan akhlakul karimah," ujarnya mengimbau.