Sosok Tepat Pengganti Novanto Versi Emrus Corner

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua DPR RI Setya Novanto telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus korupsi e-KTP. Sejumlah kader maupun tokoh partai berlambang pohon beringin tersebut pun mendorong diadakannya Munaslub guna mencari pengganti SN ( Setya Novanto).

Menanggapi hal itu, Emrus Corner, sebuah lembaga yang dipimpin oleh Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing melakukan kajian yang hasilnya memberikan beberapa rekomendasi calon pengganti SN.

“Menurut kajian Emrus Corner, sosok pemimpin yang dapat menyelesaikan persoalan di tubuh Golkar saat ini, salah satunya adalah tokoh yang bisa merangkul semua fraksi yang ada di Golkar,” kata Emrus dalam pesan singkat, Minggu (19/11).

Rekomendasi lain dari Emrus diantaranya, tokoh yang akan memimpin Golkar nantinya juga bukan berasal dari kubu yang saling berseberangan, yang bisa melakukan komunikasi politik dengan pemerintah, full time bekerja memperbaiki Golkar, rekam jejak yang bersih dari prilaku koruptif dan bukan kelanjutan dari status quo di tubuh Golkar.

Sebelumnya, diberitakan berbagai media Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mendorong digelarnya Munaslub untuk penggantian Setya Novanto dari posisi Ketua Umum Partai Golkar.