Soal Konstalasi Politik Pilgub Jatim, Wapres: Menarik

MONITOR, Jakarta – Nama-nama yang muncul sebagai Bakal Calon Gubernur Jawa Timur mengundang perhatian, pasalnya selain petahana Wakil Guberunur Jatim Saifullah Yusuf yang berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU), muncul nama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah yang juga diberitakan banjir dukungan dari para Kyai.

Khofifah tak lain adalah Ketua Muslimat NU. Kedua nama tersebut pun menyatakan siap maju Pilgub Jatim 2018.

Situasi yang demikian mengundang perhatian Wakil Presiden, Jusuf Kalla. Menurutnya, Pilgub Jatim akan menunjukkan persaingan yang ketat, dimana keduanya berasal dari kalangan NU.

"Kalau bicara (pilgub) Jatim ini menarik. NU sama NU. Jadi nanti persaingannya betul-betul head to head," kata Wapres di Jakarta, Selasa (17/10).

Diketahui, Khofifah telah mengirim utusannya untuk mendaftar dalam bursa gubernur di Partai Golkar dan PPP, namun hingga saat ini Menteri Sosial tersebut belum mengajukan surat pengunduran diri dari kabinet.

Wapres meyakini apabila Khofifah telah resmi maju Pilgub Jatim, maka Presiden akan merestui. "Kalau sudah pasti tentu Presiden akan meloloskan," katanya lagi.

Seperti diberitakan, Saifullah Yusuf bakal disandingkan dengan Abdullah Azwar Anas yang kini masih menjabat sebagai Bupati Banyuwangi. Keduanya telah mendapatkan dukungan dari PDIP dan PKB. Sementara dua partai, yakni Golkar dan NasDem telah menyatakan dukungan mereka kepada Khofifah.