Soal Foto Bareng Jokowi-SBY, Ini Kata Juru Bicara Partai Demokrat

MONITOR, Jakarta – Peristiwa langka terjadi usai pelaksanaan upacara kemerdekaan Indonesia ke 72 pada, kamis (17/8). Pasalnya, di tengah isu penjajakan politik Partai PDI-P dan Partai Demokrat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat akrab berfoto bersama Presiden Keenam sekaligus Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengajak foto bersama Presiden ketiga Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengenakan pakaian adat nusantara usai pelaksanaan upacara.

Juru Bicara Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya menyatakan peristiwa tersebut merupakan bukti SBY mendukung pemerintahan Jokowi dalam merawat persatuan dan kesatuan di Indonesia.

"Kita bisa lihat Pak SBY kenakan baju adat Palembang. Ini bentuk nyata dukungan Pak SBY terhadap Presiden Jokowi dalam merawat kebinekaan," Ujar Riefky saat ditemui di IStana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/8).

(Baca juga: Makin Mesra, Jokowi – Setnov Saling Berbalas Pujian di Depan Publik)

Lebih lanjut, pria lulusan Norwich University itu menambahkan bahwa semua pihak perlu mengapresiasi konsep pemakaian baju adat nusantara  pada upaca kemerdekaan ini.

"Tentu kita harus apresiasi digunakannya baju-baju adat dari berbagai suku di Indonesia pada upacara (kemerdekaan), misalnya, Paspampres (pakai pakaian) adat Melayu ada yang pakai Minahasa juga," tambah Riefky.