Soal Ancaman Pansus KPK, FPKS Ingatkan Harmonisasi Antar Lembaga

Monitor, Jakarta – Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini meminta antar lembaga negara saling menghormati satu sama lain. Hal itu ia ungkapkan menyikapi perbedaan pandangan antara Polri dengan Pansus Hak Angket KPK yang berujung usulan dibekukannya anggaran KPK-Polri.

"Kita berharap tidak perlu saling ancam mengancam. Kita ini satu Republik Indonesia, lembaga negara harus saling menghormati antara satu lembaga dengan yang lainnya," kata Jazuli di Jakarta, Seperti dikutip Antara, Rabu (21/6).

Ya, sebelumnya Anggota Pansus Hak Angket KPK, Mukhamad Misbakhun mengusulkan agar DPR mempertimbangkan untuk tidak membahas anggaran Polri dan KPK 2018, hal itu lantaran kedua institusi itu tidak mau menjalankan UU no 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

"Kami mempertimbangan untuk menggunakan hak budgeter DPR yang saat ini sedang dibahas RAPBN 2018 mengenai pagu indikatif mengenai kementerian/lembaga," kata Misbakhun. 

Pernyataan Misbakhun itu muncul setelah KPK dan Polri tidak sepandangan dengan Pansus KPK yang ingin memanggil tersangka pemberi keterangan palsu dalam sidang kasus dugaan korupsi KTP Elektronik Miryam S Haryani.