Siap Tarung di Pilkada Serentak 2018, PDIP Umumkan ‘Jago’nya 17 Desember

MONITOR, Depok – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri melalui Sekjen PDIP Hasto Kristanto menyatakan bahwa PDIP sudah mempersiapkan calon pasangan pemimpin di Pilkada serentak tahun 2018 nanti.

Pasangan kepala daerah di tingkat kota, kabupaten, dan provinsi ini, menurut Hasto, adalah kader dan politisi PDIP yang mumpuni dan mempunyai elektabilitas tinggi untuk menang.

Hal ini dinyatakan Hasto Kristiyanto di sela-sela Sekolah Politik Pemimpim Daerah PDIP di Wisma Kinasih, Cilangkap, Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa malam (12/12).

Pada tanggal 17 Desember nanti, jelas Hasto, PDIP akan mengumumkan calon kepala daerah di antaranya Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Malaku, dan Maluku Utara.

"Semua daerah sudah kita petakan, PDIP sudah siap, nanti Ketua Umum Ibu Megawati yang akan menetapkannya," jelasnya.

PDIP gelar Sekolah Politik bagi calon pemimpin daerah dari tanggal 12-14 Desember ini. Selain politisi PDIP dari berbagai daerah, tampak hadir sejumlah pejabat negara nasional kader PDIP di antaranya, Mendagri Tjahjo Kumolo, anggota DPR RI Eva Sundari, Daniyanto, dan mantan Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat,

Saat arahan kepada peserta sekolah, jelas Hasto, Megawati menekankan soal visi yang sudah dipersiapkan partai. Calon kepala daerah hanya diminta mengejawentahkan visi tersebut dalam pola kepemimpinan yang hidup sederhana, tidak silau dengan harta benda dan uang.

"Semuanya kita persiapkan secara gotong royong dari infrastruktur dan suprastruktur seperti dana, visi-misi, dan sumberdaya manusianya," pungkas Hasto Kristiyanto.

Di pilkada kabupaten/kota maupun propinsi, dalam pengakuan Hasto, PDIP selalu memprioritaskan kadernya yang mumpuni untuk menang. Namun, tidak menutup kesempatan non-kader, baik dari kalangan profesional, pensiunan dari TNI, Polri, ataupun aparat sipil negara.