Resmi, Anton Sukartono Didaulat Jadi Wakil Ketua Komisi V DPR RI

MONITOR, Jakarta – Anggota Fraksi Demokrat, Anton Sukartono Suratto resmi dilantik menjadi Wakil Ketua Komisi V DPR RI pada Rabu (4/10) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Pria yang akrab disapa Kang Anton itu didaulat menggantikan posisi rekan satu fraksinya, Michael Wattimena. 

Acara pelantikan jabatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan, Agus Hermanto.

“Saya mohon bimbingan dan arahannya, karena saya anggota sudah 2 periode, tetapi baru kali ini saya jadi pimpinan. Saya benar tidak menyangka diberikan kesempatan ini, semoga amanah ini bisa saya pertanggung jawabkan,” papar Anton usai acara pelantikan.

Sementara, itu Michael Wattimena yang sudah 8 tahun menjadi pimpinan Komisi bidang Infrastruktur dan Perhubungan ini mengatakan, pergantian ini merupakan penyegaran dari Fraksi sebagaimana biasanya. Dia mengharapkan, hadirnya pimpinan baru dapat menambah gairah atau semangat Komisi V dengan mitra terkait dalam membangun agenda konstitusional ke depan. 

“Tidak terlalu banyak yang harus saya sampaikan, tetapi selama 8 tahun kami bersama-sama, rasa kekeluargaan, keakraban dan persaudaraan sangat terasa. Saya mohon permohonan maaf sebesar-besarnya jika apabila ada hal yang tidak berkenan dan biarlah hal-hal yang sifatnya positif, senantiasa dikenang,” sambung BMW, sapaan akrabnya.

Kepada rekan sejawatnya itu, Michael menyampaikan pepatah “The past can not be changed, but the future is your power”. “Masa lalu tidak bisa kita ubah, tetapi masa depan adalah kekuatanmu. Janganlah kita menoleh ke belakang, tetapi lihatlah ke depan, karena di depan kekuatan kita semua ada di situ,” tutup Michael sebelum dilantik menjadi Pimpinan Komisi IV DPR RI. 

Dengan pergantian tersebut, maka komposisi Pimpinan Komisi V DPR RI saat ini adalah; Ketua Fary Djemy Francis (F-Gerindra), Wakil Ketua Lasarus (F-PDIP), Muhidin Mohammad Said (F-Golkar), Anton Sukartono (F-Demokrat) dan Sigit Sosiantomo (F-PKS).