Rekruitmen CPNS 2018 Dibuka Awal Maret

MONITOR, Jakarta – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi akan kembali membuka seleksi penerimaan CPNS khusus untuk daerah kabupaten/kota pada tahun 2018 sekarang ini. Tahapan penerimaan CPNS dimulai dari pengusulan formasi CPNS, dari kabupaten/kota, tahapan yang di terapkan masih sama seperti tahun kemarin.

Menteri PAN-RB Asman Abnur menyatakan, pihaknya akan melakukan pendalaman untuk menentukan beberapa jumlah formasi yang dibutuhkan. Formasinya berdasarkan usulan dari pemkab/pemkot dan pemprov. 

"Di perkirakan pada bulan Maret 2018, pemerintah sudah bisa menentukan formasi yang dibutuhkan dan mengumumkan pembukaan lowongan CPNS gelombang ke III tahun 2018 pada masyarakat," ujar Asman Abnur.

Tahapan seleksi CPNS 2018 akan di mulai setelah tahapan penerimaan CPNS gelombang II tahun 2017 tuntas. Sesuai dengan informasi dari BKN, tahapan penerimaan CPNS 2017 GELOMBANG II sudah selesai bulan November 2017 lalu.

Lebih jauh Asman menghimbau kepada masyarakat yang menunggu pembukaan CPNS agar mempersiapkan diri dalam menghadapi tes seleksi nantinya.

Sebagai bocoran saat ini formasi yang akan dibuka dan yang sedang dibutuhkan pada CPNS 2018 adalah guru, tenaga medis, dan infrastruktur. Di bukanya lowongan CPN 2018 guna  memenuhin 50-60 persen formasi yang ditinggalkan sebanyak 220 ribu PNS yang memasuki masa pensiun.