Rajin Kritik Pemerintah, Amien Rais Dinilai Pantas Diperjuangkan jadi Capres

MONITOR, Jakarta – Politikus Senior Amien Rais yang juga merupakan salah satu tokoh pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) belakangan ini kerap mengeluarkan kritik dan pandangan yang menimbulkan pro kontra di tengah publik.

Menanggapi hal tersebut, pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menilai bahwa seorang aktor politik, tak terkecuali Amin Rais, tentu memiliki kehendak bebas melontarkan pesan komunikasi bernuansa politik.

“Amien Rais akhir-akhir ini melontarkan padangan yang menghentakkan publik, saya merenung lebih mendalam hingga tiba pada suatu pandangan, bisa saja Amien Rais diusulkan menjadi kandidat Capres pada Pilpres 2019,” kata Emrus kepada MONITOR, Jakarta, Senin (16/4).

Dengan demikian, menurut Emrus, tidak ada salahnya jika partai politik, terutama PAN melirik dan mempertimbangkan Amien Rais untuk diusung sebagai salah satu kandidat Capres pada perhelatan pesta demokrasi Pilpres 2019.

“Namun, tentunya itu juga jika Amien Rais berkenan,” tukas direktur eksekutif lembaga EmrusCorner ini.

Seperti yang diketahui beberapa pekan lalu, Amien Rais awalnya mengkritik pemerintah dengan tajam mengenai adanya bagi-bagi sertifikat pemerintah itu sebagai hal yang mengibuli.

Tentu kritik itu menuai berbagai tanggapan. Ada kalangan yang meminta dasar data dari kritikan sehingga menyebut mengibuli. Namun bisa juga dilihat, bawa kritikan Amien Rais itu tidak masalah jika saja berpegang pada perbaikan.

Selain itu, baru-baru ini sedang hangat di ruang publik yang tengah diramaikan dengan wacana Partai Allah dan Partai Setan. Sehingga memicu sebuah polemik yang terus bergulir bagai bola salju. Itu pun lagi lagi datang dari pandangan Amien Rais.