Proyek Kereta Api Cepat Mulai Dikerjakan Akhir Oktober

MONITOR, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menuturkan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung akan segera dikerjakan pada akhir bulan Oktober tahun ini. Hal tersebut disampaikannya saat bincang santai di Gedung Plaza Bank Mandiri, Jalan Jenderal Gatot Subroto. Jakarta.

"Kereta cepat ini akan kita mulai akhir bulan ini," ujar Rini saat ditemui di Plaza Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (5/10) malam.

Meskipun, ia mengaku masih ada kendala mengenai proyek yang dicanangkan pemerintah tersebut. Yakni, soal pembebasan lahan dan penentuan lokasi kereta cepat ini.

"Salah satu memang memakan waktu soal pembebasan lahan (Penlock) penentuan lokasi dari kereta cepat itu sendiri," jelasnya.

Adapun kendala lain, kata Rini, seperti permukaan tanah yang dilewati kereta cepat ini nantinya banyak perbukitan. Sehingga hal ini juga perlu diperhatikan.

"Tetapi karena konturnya Jakarta-Bandung itu banyak berbelok-belok akhirnya sedikit menjauh berdekatan dengan jalan tol dan ada 22 terowongan yang akan di bangun. Sekarang kita sudah mulai di titik walini untuk terowongan," ungkap Rini Soemarno.

Sementara, diketahui proyek kereta api cepat ini sendiri sudah melalui tahap pembebasan lahan pada Mei 2017 lalu, pembebasan lahan telah mencapai 53 persen.