Presiden Jokowi Dukung Aksi Bela Palestina

MONITOR,  Yogyakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mempersoalkan rencana berlangsungnya Aksi Bela Palestina yang puncaknya akan digelar di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (17/12).

"Saya kira baik-baik saja. Semua yang berkaitan dengan dukungan terhadap Palestina, saya kira sudah menjadi concern dan komitmen negara kita," ujar presiden Jokowi di sela-sela acara Apel Kebangsaan di Candi Prambanan, DIY, Sabtu (16/12).

Aksi Bela Palestina rencananya akan diikuti oleh massa dari berbagai ormas dan masyarakat di kitaran wilayah Jabodetabek.

Lebih lanjut, presiden Jokowi menyatakan bahwa aksi tersebut sebagai bentuk dukungan dan keberpihakan rakyat Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

Saat disinggung awak media soal kemungkinan dirinya akan hadir dalam aksi tersebut, Jokowi tak menjawabnya. Ia hanya menegaskan bahwa Indonesia senantiasa berpihak kepada kemerdekaan Palestina.

"Rakyat kita terus berpihak kepada palestina. Peran kita untuk membantu Palestina juga sangat dihargai oleh negara-negara Islam lainnya. Dalam sidang istimewa luar biasa OKI (Organisasi Kerjasama Islam) tiga hari yang lalu, peran kita dalam konferensi, dalam summit itu sangat besar sekali," ungkapnya.