Politikus PKB Sesumbar Cak Imin Sosok Cawapres Ideal di Pilpres 2019

MONITOR, Jakarta – Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy mengatakan Muhaimin Iskandar merupakan sosok pemimpin yang ideal bila di sandingkan dengan siapapun di Pilpres 2019. Telebih, menurutnya, rekam jejak pria yang akrab disapa Cak Imin ini terbilang cukup baik dan merupakan seorang santri.

“Cak Imin ini cocok semua. Di tengah populisme Islam, di tengah mengentalnya politik aliran, maka figur cak Imin yang moderat penting dan dia bisa masuk di mana saja,” kata Lukman di Gedung DPR, Nusantara III, Kompleks Parelemen, Jakarta, Selasa (6/3).

Menurutnya, sosok pendamping ideal Presiden Jokowi saat ini ialah orang yang bisa menjawab pertanyaan populisme Islam.

“Misalnya masuk di Jokowi itu juga menurut saya penting Jokowi menggandeng cak Imin, kalau gak seperti itu maka pak Jokowi tidak bisa menjawab persoalan populisme Islam. Maka berat bagi Jokowi untuk pilpres itu mengantisipasi begitu banyak isu populisme Islam itu,” ujar Mantan Menteri Percepatan Daerah Tertinggal ini.

Selain itu ia juga menyebut selain cocok dengan Jokowi, Cak Imin juga cocok disandingkan dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

“Nah, masuk ke Prabowo juga masuk. Misalnya karena Prabowo sudah pernah dengan PAN, Hatta Rajasa, ternyata tidak ngefek. Karena tanpa Prabowo merekrut tokoh dengan basis massa yang besar berat juga untuk Prabowo memenangkan pilpres di 2019,” imbuhnya.

Dia menambahkan, Apabila nantinya Cak Imin membentuk poros baru, dengan menyatukan partai berbasis Islam, yakni PBB, PAN, PKS, Lukman yakin Prabowo akan mengajak Cak Imin untuk maju dalam Pilpres 2019 mendatang.

“Dengan basis yang sama, dan dalam kampanye menjual isu-isu tentang populisme Islam. Posisi cak Imin ini strategis. Punya daya jual yang tinggi untuk kondisi sekarang ya,” pungkasnya.