Politikus PDIP Cibir Amien Rais soal Kepemilikan Tanah di Era Zulkifli Hasan

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan mengingatkan agar tokoh reformasi sekelas Amien Rais lebih disiplin dalam berbicara.

Hal itu diduga terkait pernyataan Amien Rais yang menyebut program bagi-bagi sertifikat tanah yang dilakukan Presiden Jokowi merupakan pembohongan publik saja, sebab ketika 74 persen negeri ini dimiliki kelompok tertentu seolah dibiarkan saja oleh pemerintah ini.

"Lebih baik Pak Amien disiplin berbicara, karena yang pemerintahan ini kerjakan di sektor pertanahan, sebagian juga menyelesaikan permasalahan dari sektor kehutanan yang kebetulan dahulu menterinya kan kader beliau, yakni Zulkifli Hasan," kata Arteria dalam keterangan tertulisnya yang diterima MONITOR, di Jakarta, Senin (19/3).

"Jadi, sudahlah jangan kemudian membuka polemik yang nantinya justru membuka aib sendiri," tambah dia.

Politikus PDI Perjuangan yang sempat duduk di Komisi II DPR RI itu menantang Amien Rais untuk membuka persoalan pertanahan yang tidak hanya di era pemerintahan ini saja, melainkan saat Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan menjabat sebagai menteri kehutanan.

"Jangan sampai gajah di depan mata tidak terlihat, semut diseberang lautan seolah-olah terlihat jelas. Saya ingin mengajak pak Amien berpikir lebih obyektif, pakai data, seberapa banyak peralihan hak atas tanah ke pihak asing sejak jaman Pak Jokowi?, instrumennya apa? kemanfaatannya bagaimana serta apakah bagian dari penanaman modal asing?," sebut dia.

"Lalu bandingkan dengan jaman sebelumnya? jamannya pak Zulkifli Hasan sewaktu menjabat menteri kehutanan? Bagaimana dengan pelepasan kawasan hutan? Siapa yang diuntungkan? Apakah prosedural dan tidak berpotensi menyimpang? Siapa saja pihak yang diuntungkan? Apakah pihak asing justru lebih banyak diuntungkan? Apakah tercover dalam Foreign Direct Investment Program? Yuk kita kaji, cermati dan analisa," pungkasnya.