Wow…Sudirman Said-Ida Fauziyah Kalahkan Ganjar-Yasin

Paslon yang bertarung di Pilgub Jateng Sudirman Said-Ida Fauziyah juara gelontorkan dan untuk iklan di televisi

MONITOR, Jakarta – Sudah bukan rahasia, gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) termasuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menghabiskan dana sangat besar. Betapa tidak, untuk biaya iklan kampanye saja, pasangan calon kepala daerah harus menggelontorkan ratusan juta bahkan miliran rupiah.

So, siapa pasangan calon (paslon) yang paling banyak mengeluarkan rupiah untuk iklan pada  gelaran Pilkada (Pilgub) serentak kemarin? Hasil monitoring iklan televisi milik PT SIGI Kaca Pariwara, pasangan kandidat Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah menempati posisi pertama.

”Total belanja iklan paslon Sudirman Said-Ida Fauziyah sebesar Rp 6,86 miliar dengan total 214 titik iklan,” kata A. Sapto Anggoro dalam pernyataan yang mewakili PT SIGI Kaca Pariwara di Jakarta, Rabu (18/07/2018).

Sayang banyaknya rupiah yang digelontorkan paslon yang diusung Partai Gerindra dan PKB itu, tidak dibarengi dengan hasil perolehan suara memuaskan. Ya, dari perhitungan suara Sudirman Said-Ida Fauziyah masih kalah dengan paslon petahana Ganjar Pranowo-Yasin yang didukung PDIP, PPP dan partai koalisi lainnya.

Namun bukan berarti Ganjar-Yasin modal dengkul. Rupiah untuk belanja iklan di televisi yang dikeluarkan Gubernur Jateng terpilih untuk periode 2018-2023 itu tidak sedikit. Ganjar-Yasin telah menggelorkan Rp 6,58 miliar untuk pasang iklan di Kompas TV, Metro TV dan TV One, sebanyak 245 titik untuk

Posisi ke-3 dan ke-4 diraih oleh iklan Pilkada Jawa Barat (Jabar) dengan total belanja iklan Rp5,32 miliar dan 148 titik iklan serta Pilkada Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan total belanja iklan Rp3,43 miliar dan 42 titik iklan.