Tanpa Intruksi SBY, Agus Hermanto Nekad Sambangi Markas PDIP

Politikus Partai Demokrat Agus Hermanto sambangi markas PDIP

MONITOR, Jakarta – Kunjungan politikus Partai Demokrat Agus Hermanto ke markas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat reaksi dari internal partainya. Pasalnya, kunjungan Agus ke markas partai berlambang Banteng Moncong Putih itu bukan sebagai utusan partainya.

Hal itu diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik. Menurut Rachlan, Agus Hermanto menemui Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP siang tadi, tanpa sepengetahuan elit partai berlambang Bintang Mercy.

“Partai Demokrat selalu terbuka dan siap berkomunikasi dengan semua Partai. Namun perlu kami sampaikan, dalam kasus ini, Pak Agus tidak memberitahukan sebelumnya pada pimpinan partai tentang inisiatifnya menemui PDIP,” kata Wasekjen PD Rachland Nashidik dalam keterangannya kepada MONITOR, Jumat (13/7/2018).

Manuver yang dilakukan Agus, kata Rachlan, tidak dilarang di partainya. Akan tetapi Agus seharusnya mengomunikasikan langkah tersebut dengan partai meski dilakukan dalam kapasitas Agus sebagai pimpinan DPR RI.

”Kemungkinan besar, pertemuan tersebut dilakukan dalam kapasitasnya sebagai pimpinan DPR. Tentu tidak dilarang, namun setiap kader yang memiliki inisiatif dalam hal ikhwal pilpres, perlu mengkomunikasikan ide atau rencananya lebih dulu kepada pimpinan partai, sekurangnya kepada Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) DPP Partai Demokrat,” tuturnya.

Lebih lanjut Rachland mengungkapkan, partainya saat ini tengah menunggu penjelasan resmi dari Agus terkait pertemuan tersebut. ”DPP Partai Demokrat sedang menunggu penjelasan Agus Hermanto, Wakil Ketua DPR, ikhwal inisiatif pribadinya menemui PDIP,” sebutnya.

Memang terlihat ganjil jika Demokrat mengirim utusan untuk menjajaki koalisi dengan PDIP. Pasalnya, selama ini PDIP tidak pernah satu jalur politik dengan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sekadar diketahui, Agus Hermanto mendatangi Kantor DPP PDIP untuk bertemu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto siang tadi. Agus mengaku bersilaturahmi sekaligus membahas urusan politik.

“Kita memang masih dalam taraf pembicaraan. Saya baru pertama kali bicara sehingga seluruh pembicaraan tentunya akan… Kami semuanya akan kami data semuanya, akan kami simpan tentunya semuanya, kami laporkan kepada pimpinan kita,” kata Agus di kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.