Rizal Ramli Terima Tantangan Jokowi Debat dengan Sri Mulyani

Ilustrasi: Rizal Ramli dan Sri Mulyani

MONITOR, Jakarta – Peryataan Presiden Joko Widodo yang menantang para pihak untuk beradu argumentasi soal utang Indonesia saat ini dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI) langsung mendapat perhatian.

Ekonom senior Rizal Ramli misalnya. Melalui akun media sosial twitter milikinya, siap beradu argumen dengan pembantu presiden di bidang ekonomi tersebut.

“Wah ini asyik, tolong diatur debat terbuka RR vs SMI di TV,” ucap Rizal seperti dikutip dalam akun twitter-nya, Kamis (26/4).

Dikatakan mantan menteri keuangan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, dengan adanya debat terbuka mengenai persoalan utang  saat ini akan memberikan pelajaran berharga bagi rakyat Indonesia. Terlebih, RR yang merupakan pihak yang selalu mengingatkan pemerintahan Jokowi-JK bahwa utang Indonesia kepada luar negeri yang mencapai Rp4.000 sudah harus diwaspadai alias masuk lampu kuning.

“Akan ketahuan siapa yang manipulatif, dan merupakan bagian dari masalah,” tambah pria yang akrab disapa RR itu.

Sebelumnya sempat diberitakan, Presiden Jokowi akhirnya geram dengan persoalan utang Indonesia yang terus mendapat kritikan, terutama yang muncul dari lawan politiknya atau politikus di luar kabinet kerjanya alias oposisi.

Presiden Jokowi pun mempersilahkan para politikus oposisi untuk beradu argumen soal utang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Soal utang, saat kita dilantik (sebagai presiden 2014), utang itu sudah Rp2 ribu triliun, bunganya kurnag lebih 250-an triliun. Dihitung saja angkanya,” kata Presiden Jokowi dalam Mata Najwa ‘Eksklusif: Kartu Politik  Jokowi, Rabu (25/4) malam.