PKS Siapkan Anies-Aher Bila Syarat Tak Dipenuhi Prabowo

PKS akan siapkan Anies-Aher bila syarat yang diajukan tidak dipenuhi Gerindra

MONITOR, Jakarta – Tanpa Partai Keadilan Sejahtera (PKS), berat bagi Prabowo Subianto bisa bersaing dengan Joko Widodo di Piplres 2019. Karenanya, Prabowo berharap PKS tetap konsisten mendukunnya bersama Partai Amanat Nasional (PAN).

Mengingat dukungannya sangat dibutuh Prabowo, PKS pun mengajukan syarat. Yakni, cawapresnya harus dari kadernya. Jika syarat itu tak dipenuhi, bukan tidak mungkin PKS akan berubah pikiran dan mengajukan Cawapres lainnya.

Seperti diketahui, Partai Gerindra sudah memberi pernyataan ke publik bahwa PKS dan PAN sudah mendukung pencapresan Prabowo di Pilpres 2019. Gerindra juga memberi penegasan, saat ini hanya tinggal melakukan komunikasi saja untuk menentukan cawapres.

Namun Direktur Pencapresan, Suhud Alynudin mengatakan, belum ada yang pasti soal dukungan kepada Prabowo sebagai capres. Dalam politik semua masih cair dan mungkin berubah.

“Belum ada deklarasi. Pertemuan (Sabtu 15 Juli di Rumah Kertanegara-red) kemarin hanya membahas kemungkinan koalisi Pilpres 2019 antara PKS-PAN-Gerindra. Belum ada deklarasi capres-cawapres. Semua masih mungkin berubah,” ,” tegas Suhud, Senin (16/7/2018).

Lebih lanjut Suhud mengatakan, PKS memberi syarat ke Gerindra untuk dukungan yang diberikan. “Kami tetap mensyaratkan kader PKS sebagai cawapres jika koalisi PKS-Gerindra. Jika koalisi hanya PKS-Gerindra kami ikut fatsoen politik karena Gerindra suara lebih besar, maka kami wakil,” tegas dia.

PKS juga menyiapkan figur alternatif jika syarat yang diajukan tidak diterima oleh Gerindra. “Komunikasi politik masih kami lakukan ke sejumlah pihak untuk mencari alternatif pasangan capres-cawapres terbaik. Yang kami tawarkan tetap Anies-Aher,” pungkasnya.