Pengamat : Jokowi Cerdas Pilih Ma’ruf Amin

Pengamat Politik dari Kantor Konsultan politik Konsepindo Research and Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman

MONITOR, Jakarta – Kabar mengejutkan terjadi di detik-detik akhir pengumuman calon wakil presiden (cawapres) Jokowi. Rais Aam PBNU yang juga Ketua MUI, Prof DR. KH. Ma’ruf Amin akhirnya dipilih Jokowi sebagai cawapres di Pilpres 2019.

Pengamat Politik dari Kantor Konsultan Politik Konsep Indonesia, Veri Muhlis Arifuzzaman mengatakan keputusan Jokowi memilih Ma’ruf Amin adalah keputusan cerdas dan tepat “Saya kira warga NU akan tumplek blek mendukung,” ujarnya dalam pesan singkat yang diterima MONITOR, Kamis (9/8/2018).

“Keputusan ini menunjukan posisi tawar NU sebagai ormas terbesar sangat diperhatikan oleh para pimpinan koalisi dan tentu Jokowi sendiri,” tambahnya.

Sementara terkait dengan Mahfud MD, Veri yakin jika mantan Ketua MK itu akan menerimanya dengan tulus “dugaan saya dia akan menerima dengan tulus, karena bagaimanapun Kiyai Ma’ruf adalah kolega sekaligus sesama NU,” tandasnya.

Veri menilai jika Ma’ruf Amin sangat strategis bagi Jokowi karena akan menambah suara khususnya dari kalangan umat islam.

“Kyai Ma’ruf akan menambah suara Jokowi, bagaimanapun penghormatan orang terhadap kiyai di Indonesia masih tinggi dan Kiyai Ma’ruf cukup punya integritas dan kapasitas yang memadai,” pungkasnya.