Pengamat: Dukungan Keluarga Chasan Sohib beri Kontribusi Nyata Kemenangan Jokowi-Ma’ruf

Deklarasi dukungan keluarga Chasan Sohib kepada Paslon Jokowi-Ma'ruf, Minggu (4/11/2018).

MONITOR, Serang – Perhelatan Pilpres 2019 di Banten semakin terasa meriah sejak sahut menyahut deklarasi dukungan dari berbagai elemen. Setelah para ulama Banten mendukung pasangan Jokowi – Ma’ruf pada akhir Oktober lalu, berikutnya muncul deklarasi dari keluarga Chasan Sohib pada Minggu (4/11/2018) lalu.

Dukungan tersebut dinilai banyak pihak akan memberi kontribusi nyata bagi kemenangan pasangan nonor 01 di bumi Banten. Itu karena klan politik Chasan Schohib masih menguasai beberapa daerah di Banten dan memegang kendali politik di Partai Golkar Banten.

Pengamat politik Oktarina Soebardjo dari kantor lembaga survei Stratakindo Research and Consulting menilai, keluarga besar Chasan Schohib sudah terbukti merupakn kekuatan politik nyata di Banten.

“Klan ini berkuasa cukup lama dan mampu bertahan menghadapi badai rintangan. Secara faktual kini klan Chasan Schohib menduduki jabatan Wakil Gubernur Banten, Bupati Serang, Walikota Tangsel dan Wakil Bupati Pandeglang. Semua dimenangkan melalui pemilu yang demokratis,” ujarnya saat dimintai komentar oleh media, sesaat setelah diskusi ‘Peta Pilpres 2019 Di Banten’ yang digelar di Kota Serang, Kamis (8/11).

Oktarina menjelaskan, walau hasil survei Bukan Oktober posisi Jokowi – Ma’ruf masih kalah oleh Prabowo – Sandi, namun gerakan pemenangan berbasis TPS yang selama ini dilakukan klan Chasan Schohib bisa mengubah peta. Sejarah menunjukan, kekuatan jaringan politik yang terus dibina telah membuat mereka bertahan berkuasa dan selalu menang dalam pilkada.

Oktarina mencontohkan bagaimana di pilgub Banten yang lalu, keluarga ini mempecundangi calon incumbent Rano Karno yang selalu unggul dalam survei.

“Saya ingin mengatakan bahwa jika klan politik ini bergerak sama seperti saat mereka memenangkan pilgub Banten kemarin, atau sama saat mereka memenangkan pemilihan walikota Tangsel lalu, kontribusinya tidak bisa dianggap remeh. Di pilpres lalu, klan politik ini sejalan dengan Partai Golkar mendukung Prabowo dan menang, kini sebaliknya. Dugaan saya, hasil akhirnya akan mengejutkan, apalagi kekuatan Golkar dan PDI Perjuangan bergabung,” pungkasnya.

Saat deklarasi dukungan digelar di GOR Maulana Yusuf, Serang, Banten, Sabtu (3/11/2018), Ratu Tatu Chasanah yang menjabat sebagai Bupati Kabupaten Serang, menyatakan dukukangannya kepada Jokowi sebagai ungkapan terima kasih karena telah memilih Ma’ruf Amin, ulama asala Banten, sebagai cawapresnya.

Ratu Tatu juga menyatakan keseriusan dukungan keluarganya yang dibuktikan dengan menghadirkan ribuan relawan termasuk didalamnya ada relawan-relawan TPS yang bertugas memenangkan dan menjaga suara di TPS.

“Merupakan suatu kebahagiaan bagi kami karena selama ini masyarakat Banten yang duduk di pemerintahan di pusat bisa dihitung jari. kementerian. Tapi Pak Jokowi kali ini malah memberi tempat yang luar biasa kepada salah satu putra terbaik Banten, menjadi wakil presiden, orang kedua di republik ini,” ujar Ratu Tatu.