Penangkapan Zainudin Hasan Bernuansa Politik, Ini Kata Kader PAN

Zulkifli Hasan bersama adiknya, Zainudin Hasan dalam sebuah acara

MONITOR, Jakarta – Sejumlah kalangan menganggap penangkapan Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Zainudin Hasan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK bernuansa politik. Pasalnya, penangkapan dilakukan saat PAN gembar-gembor mendorong Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Seperti diketahui, Bupati Lamsel yang diamankan KPK dalam OTT Jumat (27/7) dini hari kemarin, adalah adik kandung Zulkifli Hasan. Zainudin diduga terlipat dalam kasus suap proyek infrastruktur.

Apakah benar penangkapan adik kandung Zulkifli Hasan bernuansa politik? Menurut Wakil Sekjen DPP PAN Rosaline Irene Rumaseuw, tidak ada unsur politik dalam OTT terhadap Zainudin.

“Anggapan seperti itu wajar-wajar saja. Tapi menurut saya enggak ada kaitannya,” kata Rosaline dalam Talkshow Polemik dengan tema Cerita Dibalik Drama Copras Capres yang di selenggarakan MNC Trijaya Network, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7).

Lebih lanjut Rosaline mengatakan, terkait penangkapan Zainudin Hasan, sebagai Ketum PAN Zulkifli Hasan sudah meminta maaf kepada semua masyarakat atas kasus hukum yang menyeret adik kandungnya itu.

Dan, Zulkifli Hasan sudah menyerahkan semua proses hukum atas adiknya tersebut ke pihak terkait yaitu KPK. “Beliau juga berbesar hati mengembalikan ke KPK bahwa menjalani seperti apa yang harus dijalani,” jelasnya.

Selain itu dirinya menyebut, PAN akan memberikan bantuan hukum kepada adik Zulhas yang juga merupakan kader PAN. “Jelas, karena dia kader PAN, pasti akan diberikan bantuan hukum,” pungkasnya.