Ketum Sahabat Rakyat Indonesia Optimis Jokowi-Ma’ruf Menang di Kalsel

Ketum Sahabat Rakyat Indonesia, Sukriansyah bersama relawan di Kalimantan Selatan

MONITOR, Banjarmasin – Ketua Umum Relawan Jokowi, Sahabat Rakyat Indonesia (SRI), Sukriansyah S Latief melanjutkan road show-nya ke Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (28/8/2018). Setelah Gorontalo, blusukan Ketum Sahabat Rakyat Indonesia ke Kalsel ini juga dinilai memiliki arti penting.

Menurut Sukrianyah yang akrab disapa Uki ini, kunjungannya ke Kalsel menjadi penting, selain untuk memotivasi relawan SRI Kalsel dan bertemu masyarakat, juga karena di Pilpres 2014 lalu, raihan suara Jokowi-JK kalah tipis dibanding Prabowo-Hatta. Saat itu Jokowi-JK memperoleh suara 939.748 (49,95%), sedangkan Prabowo-Hatta memperoleh 941.809 (50,05%).

Uki menjelaskan, dari pertemuan dengan relawan Sahabat Rakyat Indonesia wilayah Kalsel, ada beberapa catatan penting yang menjadi bagian dari langkah strategis untuk membalikkan keadaan serta memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilres 2019.

“Kondisi di Pilpres 2019 sudah berbeda dengan Pilpres 2014 lalu. Saat ini kami sangat optimis mampu mengantarkan kemenangan Pak Jokowi dan KH. Ma’ruf Amin di Kalsel”, ujar Uki, Rabu (29/8/2019).

Pertama, kata Uki, saat ini Kalsel bisa dikatakan telah menjadi basis suara Jokowi-Ma’ruf dengan merujuk pada terpilihnya Gubernur Kalsel yang berasal dari Koalisi Partai Pendukung Jokowi-Ma’ruf.

“Begitu pula dengan bupati atau walikota yang saat ini telah didominasi oleh pemimpin yang berasal dari partai pendukung”, kata Uki.

Mengapa hal ini penting, imbuh Uki, karena bagaimanapun, terpilihnya dan dukungan pemimpin lokal tersebut bisa menjadi gambaran arah dukungan suara masyarakat, di mana pemimpin lokal ini telah memiliki basis pendukung yang riil serta infrastruktur yang menjangkau hingga ke akar rumput.

Kedua, lanjut Uki, saat ini Pak Jokowi merupakan petahana di mana, parameter kinerjanya telah jelas dan nyata dengan melakukan pembangunan yang memprioritaskan wilayah luar Jawa. Kerja nyata Jokowi di Kalsel pasti telah terpatri di hati rakyat Kalsel.

“Kunjungan Pak Jokowi ke Pesta Pantai Mapanretasi, penyerahan sertifikat gratis dan penyerahan Hutan Tanaman Rakyat, kunjungan ke Kampus Muhammadiyah serta menghadiri Hari Festival Anak Sholeh Indonesia dan Pembagian Kartu Indonesia Pintar & Program Keluarga Harapan menjadi simbol direbutnya hati rakyat di Kalsel,” katanya.

Begitu juga dengan kunjungan Jokowi pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam serta Hari Cipta Puspa dan Satwa Indonesia, Pelepasan Festival Tanglong, dan kunjungan saat terjadi kebakaran hutan.

“Dan yang patut dicatat, Pak Jokowi pernah melaksanakan Sholat Id di Martapura dan ini sangat menggugah hati rakyat Kalsel”, tambahnya.

Dukungan pemimpin lokal yang kuat serta kerja nyata yang telah ditunjukkan Jokowi, kata Uki, menjadi barometer akan kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Kalsel.

“Ditambah lagi militasi relawan dan sinergi dengan partai koalisi menjadikan kita sangat optimis Jokowi-Ma’ruf mampu menang besar di Kalsel. Ya, sekitar 60-65 persen”, ujar Uki.

Sementara itu, Ketua Sahabat Rakyat wilayah Kalsel, Rikval menambahkan, relawan SRI Kalsel telah bergerak melakukan sosialisasi dan terus membentuk jejaring dukungan dan sinergi dengan berbagai elemen pendukung Jokowi-Ma’ruf lainnya di Kalsel.

“Kami menemukan adanya militansi yang kuat dari relawan dan partai pengusung Jokowi-Ma’ruf di Kalsel. Itulah mengapa kami sangat optimis mampu meraup suara terbanyak untuk pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Pilres 2019”, tandas Rikval didampingi sekretaris SRI Kalsel, Ismail.

Ditanya bagaimana program dan langkah SRI Kalsel ke depan, Rikval mengatakan relawan SRI akan banyak berkonsentrasi dalam menggaet pemilih pemula dan kaum millenial, serta kaum perempuan.

“Potensi suara pemilih pemula dan kaum millenial di Kalsel sangat besar dan pada umumnya mereka telah melek teknologi informasi sehingga bisa menjadi opinion leader dan pembentuk opini di masyarakat Kalsel”, pungkas Rikval yang juga dikenal sebagai Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) di Kalsel ini.