Ketua KPU Beberkan Persiapan Pendaftaran Calon Presiden

Ketua KPU, Arif Budiman (Tengah) saat memberikan keterangan pers (Foto: Rangga/Monitor)

MONITOR, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Sabtu (4/8) besok mulai membuka pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden untuk Pemilihan Umum 2019. Masa pendaftaran akan dibuka selama lima hari yakni dari tanggal 4 sampai dengan 10 Agustus 2018.

Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan pada saat pendaftaran, masing-masing pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden diwajibkan untuk hadir dan mengikuti proses yang telah ditentukan oleh KPU.

“KPU mempersiapkan kapan saja didaftarkan (bacapres/cawapres). Kalau 4-9 Agustus pukul 08.00-16.00 kalau tanggal 10 Agustus sampai pukul 24.00 WIB,” kata Arief di Kantornya Menteng Jakarta, Jumat (3/8).

Arief melanjutkan, satu hari setelah melakukan pendaftaran, bagi masing-masing pasangan calon harus wajib memeriksakan kesehatannya di rumah sakit yang telah disiapkan oleh pihak KPU.

Untuk itu, KPU telah menyiapkan empat rumah sakit untuk menjadi rekomendasi pemeriksaan Calon Presiden dan Wakil Presiden, rumah sakit itu anatara lain yaitu Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) serta Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU).

“Visitasi sudah dilakukan, hasil visitasi juga sudah keluar. Kami sudah menentukan sebenarnya. Tinggal konfirmasi kesiapan RS,” ujar Arief.

Tak hanya itu, Arief juga menyampaikan, bahwa pada saat pendaftaran bakal Capres dan Cawapres untuk para pendukung dari masing-masing calon juga diperbolehkan untuk hadir di KPU.

Akan tetapi, menurut Arif, lantaran keterbatasan tempat KPU akan membatasi jumlah pendukung yang turut hadir meramaikan para calonnya masing-masing.

Dengan begitu, penyelenggara pemilu meminta agar para pendukung menyampaikan informasi satu hari sebelum tiba ke KPU.

Dijelaskan Arif, pihaknya juga telah menyiapkan 50 ID khusus bagi para elit parpol yang mengawal kandidat saat melakukan pendaftaran. Kemudian untuk para pendukung, pihak KPU telah mempersiapkan tempat di luar gedung.

“Dibawah itu ada 120 orang diparkiran dengan tendan. Nanti kita siapkan tv screen, buat merka menyaksikan apa yang terjadi di dalam,” tandasnya.