Jokowi Tetap Beri Angin Surga buat Cak Imin

Presiden Jokowi dan Cak Imin tertawa bareng di Kerbung Kereta Bandara Soetta

MONITOR, Tangerang – Presiden Joko Widodo masih memberikan angin surga kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Memang sejauh ini Jokowi, panggilan akrab Presiden Joko Widodo, masih merahasiakan nama calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya di Pilpres 2019 mendatang.

Sudah bukan rahasia lagi jika Muhaimin Iskandar sangat ngebet menjadi pendamping Jokowi dalam perebutan kursi orang nomor satu di Indonesia. Bahkan, jauh-jauh hari Cak Imin, panggilannya, mendeklarasikan JOIN yakni Jokowi-Muhaimin.

Namun hingga saat ini, JOIN yang dideklarasikan Cak Imin belum mendapat respon dari Jokowi. Ya, Jokowi sepertinya masih memilih dan memilah sosok yang tepat sebagai cawapresnya. Bahkan, belakangan muncul sejumlah nama, di antara Mahfud MD dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Untuk kali kesekian, awak media ingin mendapat jawaban dari Jokowi terkait siapa cawapresnya. Tapi, lagi-lagi mantan Gubernur DKI Jakarta itu bergeming. Termasuk saat ditanya soal Cak Imin, Jokowi hanya mengacungkan jempol.

“Pak Presiden izin tanggapannya soal cak Imin yang masih yakin bakal dipilih sebagai cawapres?” tanya salah seorang wartawan saat sesi wawancara dengan Jokowi seusai menghadiri peringatan Hari Koperasi ke-71 di Indonesia Convention Centre, BSD City, Tangerang, Banten, Kamis, (11/7/2018) kemarin.

Yang pasti Jokowi mengaku sudah mengantongi sejumlah nama tokoh yang berpotensi menjadi cawapres yang akan mendampinginya maju pilpres 2019. Jumlahnya, kata dia, mengerucut dari sepuluh menjadi lima orang.

“Bisa partai, nonpartai, profesional, sipil, bisa TNI atau Polri. Semuanya bisa,” ujarnya di Istana Negara, Selasa, 11 Juli 2018.

“Ini masih dalam proses penggodokan. Yang namanya digodok itu pasti nunggu biar matang, kalau digodok belum matang terus dikeluarkan, itu menjadi setengah matang. Biar matang dulu, nanti akan kami sampaikan pada saat yang tepat,” tuturnya.