Jokowi Pilih yang Mana, Ferrari, Mercy atau Alphard?

Presiden Jokowi bersama Ketum PKB Muhaimin Iskandar. (Foto: Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Gugatan Partai Perindo terkait masa jabatan Wakil Presiden (Wapres) belum tentu dikabul oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, nama Wapres Jusuf Kalla (JK) tetap diperhitungkan sebagai kandidat cawapres yang bakal dipilih Presiden Joko Widodo.

Adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang menganggap JK masih berpeluang untuk kembali mendampingi Jokowi para Pilpres nanti. Tetapi Cak Imin tidak khawatir dan siap bersaing dengan JK untuk memperebutkan slot cawapres Jokowi.

Sebelum keputusan diambil, Cak Imin ingin memberi gambaran kepada Jokowi tentang figur cawapres yang harus dipilih. Jokowi akan merugi bila kembali menggandeng JK.

Cak Imin mengibaratkan JK adalah mobil Ferrari. Mewah dan mahal, namun tidak dapat mengangkut banyak penumpang. “Ya, Pak JK ini ibarat Ferrari. Barang mewah, pengalaman luar biasa, dan segmen pembelinya orang top. Tapi penumpang nggak banyak, cuma di Indonesia timur,” ujar Cak Imin di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (22/7/2018).

Bukan hanya JK, Cak Imin juga menganalogikan sosok Fahfud MD. Mantan Ketua MK itu diibaratkan Cak Imin seperti seperti mobil sedan Mercedes Benz. Yakni terlihat cantik dipandang tapi cukup untuk 4 orang penumpang.

“Kalau Pak Mahfud Mercy-lah. Memang eksklusif dan cantik di medsos, tapi penumpangnya cuma 4,” ucapnya.

Nah, Cak Imin mengibaratkan dirinya, seperti Toyota Alphard. “Kalau PKB penumpang banyak, 11 juta warga NU. Ibarat mobil ya Alphard, mewah tapi isinya banyak. Masak sih Alphard nggak dipilih?,” tuturnya.