Jokowi dan Ma’ruf Amin Periksa Kesehatan, RSPAD Perketat Pengamanan

Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin saat melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD

MONITOR, Jakarta – Puluhan dokter Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) hari ini, Minggu (12/8) akan melakukan pemeriksaan kesehatan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Tim pemeriksa kesehatan capres-cawapres ini akan dipimpin dr. Danardi Sosrosumihardjo Spkj. Tim berasal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan tim dokter RSPAD.

Dari pantaun MONITOR di lapangan, dalam rangka menghindari terjadi hal yang tak diinginkan, pihak keamanan melakukan penjagaan ketat, terutama pada pintu masuk, tempat Jokowi dan Ma’ruf akan datang menuju tempat pemeriksaan.

Susana di luar RSPAD (Foto: Asep Saepudin/Monitor)

Mereka akan memeriksa kesehatan pasangan tersebut secara menyeluruh. Diperkirakan pemeriksaan akan dilakukan sekitar 5 atau 6 jam.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan sebagai salah satu syarat untuk bisa ikut dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Pemeriksaan kesehatan itu merupakan rangkaian dari proses pendaftaran sebagai syarat yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum melalui PKPU Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjelaskan pemeriksaan kesehatan akan dilakukan di gedung Medical Check Up (MCU) RSPAD Gatot Subroto, Jalan Dr. Abdul Rachman Saleh, Senen, Jakarta Pusat.

“Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan di Medical Check Up (MCU) RSPAD Gatot Subroto Jakarta, mulai pukul 06.00 WIB sampai selesai,” ujar KPU dalam keterangan tertulisnya.

Pemeriksaan kesehatan meliputi kesehatan jasmani dan rohani yang akan melibatkan puluhan dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Sebelumnya Ketua Umum KPU RI, Arief Budiman dokter-dokter yang dilibatkan merupakan ahli di bidang kesehatan masing-masing.

“Seluruh ahli terbaik yang dimiliki Indonesia dilibatkan,” tandasnya.

Sementara itu pemeriksaan terhadap pasangan bakal capres dan cawapres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno akan dilakukan pada Senin, 13 Agustus 2018 mendatang.