Diiringi Lantunan Shalawat, Jokowi – Ma’ruf Datangi Kantor KPU

Pasangan capres cawapres 2019 Jokowi - Ma'ruf Amin bersiap mendatangi kantor KPU (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta – Pasangan Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin akhirnya resmi sebagai pasangan yang akan bertarung di kontestasi pemilihan presiden (pilpres) 2019 mendatang. Ini setelah keduanya mendaftarkan diri sebagai pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) ke kantor KPU Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Diiring salawat pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin tiba di Gedung KPU, sekitar pukul 09.49 WIB.

Pendukung pasangan ini membawa berbagai atribut. Di antaranya bendera bertuliskan ‘Rejo’ (relawan Jokowi) dan ‘Gojo’ (Golkar Jokowi).

“Jokowi dua periode, Jokowi dua periode,” ujar mereka bersahutan.

Jokowi datang mengenakan kemeja putih dengan tulisan ‘ Bersih, Merakyat, Kerja Nyata’ di bagian dada. Sedang Ma’ruf yang berkopiah memakan baju putih dilengkapi sorban melilit leher dan sarung hjau.

Mereka didampingi ketua umum dan sekjen partai pendukungnya. Dengan diantar sembilan ketua umum partai koalisi, capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyerahkan dokumen syarat pencalonan ke KPU.

Komisioner KPU langsung memeriksa dokumen yang diserahkan pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin yang duduk dihadapannya. Sementara seluruh ketua umum pendukung duduk di samping keduanya.

Sebelumnya, kedua pasangan ini berangkat dari Gedung Joang. Jokowi menyebut gedung Joang mewakili semangat para kaum muda di kala itu untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Dengan alasan itu dia menilai Gedung Joang menjadi pematik semangat untuk mengawali perjuangannya berlaga di Pilpres 2019.