Deklarasi “Mas Joko” dukung Jokowi di Pilpres 2019

Deklarasi Marhanis Pro Jokowi (Mas Joko), Senin (16/7/2018)

MONITOR, Jakarta – Sekelompok masyarakat yang mengaku sebagai pendukung Joko Widodo dan mengatasnamakan dirinya sebagai Marhaenis Pro Jokowi, disingkat dengan “Mas Joko”, mendeklarasikan diri memenangkan Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

Sekertaris Legas Advisor #MasJOKO, Julia Bea Kurniawaty mengatakan kalau gerakan intelektual Marhaenis Pro Jokowi (#MasJOKO), adalah gerakan yang diinisiasi oleh kaum Marhaenisme untuk memastikan terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden dua periode.

“Kita ingin mengawal dan memastikan Presiden Jokowi untuk memerintah pada periode 2019-2024,” kata Julia di Hotel Sofyan, Cikini, Jakarta Pusat, Senin, (16/7/2018).

Julia mengklaim, kalau kelompok kaum marhaen seperti buruh, tani, nelayan akan mendukung Jokowi sebagai presiden kedua kalinya, dengan bentuk nyata melawan hoaks yang mereka anggap kerap menyerang Jokowi tanpa data yang akurat. Sehingga berdampak terhadap popularitas jokowi.

“Kita akan melawan hoaks, berita bohong dan ujaran kebencian yang saat ini kerap menyerang Jokowi,” tegas Julia.

Menurutnya, cibiran kritik yang kerap dilontarkan lawan politik Jokowi mengenai kinerja pemerintah sejauh ini. Kata dia, tidak berdasarkan fakta dan data di lapangan. Oleh karenanya, Julia dan pihaknya berinisiatif akan membendung arus hoaks tersebut, dengan mengadakan diskusi ilmiah untuk mengkaji setiap kebijakan dan kinerja sang petahana Joko Widodo.

“Tentunya akan kita sajikan data dan fakta yang terkonfirmasi dan terverifikasi, dan hal itu tentunya akan kita publikasikan ke masyarakat agar masyarakat semua tahu,” tukasnya.

Lebih daripada itu, Julia juga memastikan kalau pihaknya akan bermain di platform media daring, dengan tujuan untuk menekan arus hoaks yang tumbuh subur di media sosial, yang kerap ditelan mentah-mentah oleh masyarakat.

“Sehingga kita juga harus bermain di medsos, supaya bisa ditekan itu hoaks,” terangya.

Dengan begitu, Julia menegaskan akan tetap mengkritisi kinerja Jokowi seraya memberikan masukan untuk mengatasi permasalahan dari program-program Jokowi sesuai dengan janji- janji kampanye Jokowi di 2014 agar bisa segara tertunaikan sebelum memasuki Pilpres 2019 mendatang.

“Karena kita ketahui masih banyak PR Jokowi yang harus kita kawal dan kita akan dorong Kementerian untuk segera menyelesaikannya, dan tentunya kita tidak hanya mengkritisi tapi kita akan berikan solusi, kenapa ? agar janji beliau cepat ditunaikan,” pungkasnya.