Curhat ke PSI, Mahfud MD Tolak Tawaran Timses Kubu Jokowi-Ma’ruf

Prof Mahfud MD saat memberikan pembekalan kepada bacaleg PSI di Balai Sarbini (dok: IG)

MONITOR, Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MK menolak tawaran ketua tim pemenangan atau timses Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Mahfud yang sebelumnya digadang jadi cawapres Jokowi ini mengungkapkan, dirinya ingin netral di Pilpres 2019.

“Saya tak bisa jadi ketua timses atau tim pemenangan, karena saya berada di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),” kata Mahfud dalam acara pembekalan bacaleg PSI di Balai Sarbini, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (20/8).

Sebagai penyelenggara negara, ia menyatakan posisi BPIP harus netral. Sebab ia mengaku sejak awal sudah ditugasi Jokowi untuk menata ideologi, termasuk didalamnya menyangkut netralitas penyelenggara negara.

Di hadapan ratusan bacaleg PSI, ia pun menegaskan, dirinya sudah menolak permintaan kubu Prabowo-Sandiaga yang juga memintanya menjadi tim sukses pemenangan, seperti halnya tawaran dari kubu pemerintah.

“Jadi kalau saya masuk ke tim sukses yang manapun, itu berarti saya tak netral. Itu saja, jadi tim sukses kan gitu,” tegasnya.