Bahas Koalisi Pilpres, Demokrat Abaikan Nama Anies Baswedan

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Max Sopacua (foto : Rangga/MONITOR)

MONITOR, Jakarta – Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Max Sopacua mengatakan kalau nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tidak disebut dalam rapat pertemuan dengan seluruh anggota majelis partai yang membahas langkah politik partai berlambang bintang mercy itu di pilpres 2019.

Menurut Max, dalam pembahasan rapat petinggi tersebut hanya ada dua nama calon yang mengerucut akan diusung, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

“Kita tidak bicarakan nama Anies tadi. Belum. Bahwa ada nama Pak Jokowi dan Pak Prabowo,” kata Max saat ditemui di Kediaman SBY di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/7).

Max menegaskan, bahwa partainya itu sudah mengantongi sosok nama capres yang tengah dimatangkan di internal partai, sehingga wakil ketua DPP Demokrat ini pun enggan membeberakan lebih jauh apa yang menjadi alasan untuk tidak membahas nama Anies. Padahal belakangan sosok Anies meroket elektabilitasnya masuk bursa capres dan cawapres.

“Ya karena memang enggak diomongin. Orang enggak mau masa gimana,” tukasnya.

Tak hanya itu, Max juga menjelaskan kalau pihaknya tidak melihat sinyal kuat dari Anies terkait Pilpres 2019. Pasalnya, hingga kini mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tak menjalin komunikasi apapun dengan Demokrat. Sehingga menurutnya akan menjadi pemahaman lain akan hal tersebut.

“Loh soal menangkap sinyal itu hanya pada satu sisi. Padahal banyak sekali. Ini multidimensi yang sekarang ini terjadi sekarang ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Majelis Tinggi Partai Demokrat menggelar rapat di kediaman sang ketua umum, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/7). Salah satu yang dibahas adalah soal calon presiden dan wakil presiden di Pemilihan Presiden 2019.