Agenda Anwar Ibrahim bertemu BJ Habibe

MONITOR, Jakarta – Tokoh Politik sekaligus Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat Malaysia Anwar Ibrahim hari ini berkunjung ke Jakarta menemui mantan Presiden RI BJ Habibie di Jakarta, Minggu (20/5). Apa sebenarnya agenda mantan wakil PM Malaysia yang baru saja bebas dari penjara tersebut?

Dikutip dari akun media sosial twitter @BebasAnwar, kunjungan Anwar ke Jakarta hari ini adalah untuk memenuhi undangan mantan Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie berkaitan dengan Peringatan 20 Tahun Reformasi.

“21 Mei 1998 diingati rakyat Indonesia sebagai tarikh jatuhnya rejim orde lama (penguasa lama Orde Baru) dan bermulanya zaman peralihan kuasa serta pengukuhan institusi-institusi demokrasi yang berlaku dengan pentadbiran Presiden BJ Habibie,” tulisnya.

Sementara rakyat Malaysia memperingati 2 September 1998 sebagai awal kejatuhan rezim Barisan Nasional yang jatuh setelah dua dekade kemudian pada 9 Mei 2018.

Anwar berharap pertemuanya dengan Habibie akan mengeratkan kembali hubungan antara Malaysia dan Indonesia.

“Saya percaya pertemuan dan perbincangan dengan Presiden Habibie akan mengeratkan lagi hubungan di antara dua negara kita, serta memperkukuh iltizam melaksana agenda reformasi di Malaysia,” tutur dia.