PKS Sambut Baik Niat Demokrat untuk Gabung Berkoalisi

MONITOR, Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara terbuka menyambut baik kabar yang menyebutkan bahwa Partai Demokrat ingin bergabung dalam koalisi bersama kubu Gerindra. 

Akan tetapi, PKS juga telah mengetahui akan adanya syarat dukungan yang diberikan Demokrat terkait Capres yang diusung pada pilpres bukan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai itu merupakan hak politik Demokrat. Ia menegaskan, PKS telah menyambut baik niat Demokrat untuk bisa bergabung dengan koalisi. Bahkan, Mardani mengatakan kalau PKS siap membicarakan hal tersebut agar menemukan titik temu terkait syarat dan dukungan yang diberikan Partai Demokrat tersebut.

“PKS Menyambut baik keinginan Demokrat dan siap berkomunikasi dengan mendalam usulan yang diajukan,” kata Mardani saat dikonfirmasi, Rabu (18/4).

Menurutnya, dalam dinamika politik tidak diperbolehkan adanya pemaksaan untuk berkoalisi. Dengan begitu, PKS secara terbuka membuka peluang untuk melakukan komunikasi guna membahas yang menjadi syarat dukungan dari para parpol untuk bergabung dalam koalisi. 

“Itu semua bisa dibicarakan. Tentu dengan menghargai posisi dan kemandirian setiap partai,” ujarnya.

Dengan begitu, Mardani menegaskan bahwa PKS sudah memberikan syarat dukungan kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk menjadi capres dengan mengusulkan cawapresnya terdiri dari 9 nama internal yang telah disodorkan PKS.

“Untuk saat ini PKS sudah ajukan 9 kader untuk capres maupun cawapres dan Gerindra sudah mengajukan Pak Prabowo sebagai capres. Kami tunggu partai lain dan siap musyawarah,” tandas Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini.