PKS Keberatan Jokowi Pakai Pesawat Kepresidenan saat Kampaye

MONITOR, Jakarta – Pernyataan Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDI-P, Arif Wibowo, mengenai fasilitas kepresidenan seperti pesawat tidak akan bermasalah bila Presiden Joko Widodo menggunakannya saat berkampanye sebagai calon presiden, menuai kritikan.

Menurut dia, pesawat kepresidenan merupakan salah satu instrumen pengamanan Presiden.

Mengenai ini, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera pun angkat bicara. Ia mengatakan, pesawat kepresidenan bukan bagian dari protap pengamanan presiden.

"Masih debatable ya, tapi kami (PKS) berle dapat pewasat kepresidenan bukan bagian dari pengamanan," kata Mardani, di Jakarta, Jumat (6/4).

Menurut dia, Presiden Jokowi beberapa kali sering terlihat menggunakan pesawat komersil dalam kegiatan lawatannya dengan negara tetangga, khususnya.

"Dan itu (penggunaan pesawat komersil, red) tidak ada masalahnya. Bahkan, Pak SBY saat menjabat sebagai presiden pernah melakukan hal sejenis itu," ujar dia.

"Oleh karena itu, menurut hemat kami, Presiden Jokowi untuk bijak menimbang (usulan) karena bisa jadi publik akan tidak simpati kembali," pungkas wakil ketua komisi II DPR RI itu.