Pimpinan Komisi VI Sebut Menteri Amran Bapak Pertanian Indonesia

MONITOR, Gorontalo – Wakil Ketua Komisi VI DPR Roem Kono memuji kerja Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam meningkatkan produktivitas pertanian, bahkan tak tanggung-tanggung, politikus Partai Golkar tersebut menyebut Amran sebagai Bapak Pertanian.

Pujian tersebut diberikan Roem Kono saat launching ekspor jagung dari Gorontalo ke Malaysia dan Filipina, dimana Mentan juga hadir dalam acara tersebut, Selasa (31/10).

"Saya berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pak Menteri. Hari ini saya ingin memberikan gelar kepada Beliau sebagai Bapak Pertanian Indonesia," katanya.

Menurut Roem, gelar tersebut patut diberikan lantaran Amran rutin belusukan menemui para petani di seluruh Indonesia dan kerap menempatkan petani pada posisi yang tinggi, yakni pahlawan pangan Indonesia.

"Beliau keliling Indonesa. Apakah sudah ada Menteri Pertanian datang ke sini (Gorontalo)? Belum ada, ya baru Menteri ini. Sudah tiga kali. Jadi wajar kalau sekarang berikan gelar beliau," tandasnya.

Selain mengapresiasi Menteri Pertanian, Roem Kono juga menegaskan komitmennya untuk membantu para petani di Gorontalo, baik dari segi penyediaan alat dan mesin pertanian, maupun bibit dan pupuk.

Dalam acara launching ekspor tersebut, Amran juga memberikan sambutan, dimana ia meminta Pemda Gorontalo tetap fokus di sektor pertanian, khususnya jagung. "Ini sejarah baru dalam Pemerintahan Indonesia yang mengekspor jagung dalam waktu kerja yang singkat. Pemerintah tetap fokus untuk jagung, bila perlu tanam jagung di pot-pot rumah," katanya.

Selain itu, Amran juga mengingatkan agar Pemda senan tiasa memperhatikan para petani, yakni dengan menetapkan harga pembelian jagung dari petani sesuai dengan intruksi Presiden, yakni diatas Rp 3.100 per kilogram. Dengan begitu kesejahteraan petani akan meningkat.