Pilpres 2019, Ketum PAN Ungkap Kecilnya Peluang Poros Ketiga

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan tidak menapik kemungkinan munculnya poros ketiga, diluar Jokowi dan Prabowo pada Pilpres 2019. Namun dengan peluang yang cukup kecil.

"Secara matematis poros ketiga mungkin, tapi kan saya katakan tidak mudah. Pak Jokowi popularitas tinggi. Tapi secara matematis mungkin walaupun tidak mudah karena syarat 20 persen. Waktu sekarang lima tahun singkat. Jadi kemungkinan besar bisa dua," tutur Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/3).

Untuk diketahui, wacana terkait pembentukan poros ketiga pada Pilpres 2019, muncul usai pertemuan yang dilakukan antara Sekjen PAN, PKB dan Sekjen Demokrat Kamis (8/3) kemarin.

Menurut Informasi diketahui, pertemuan tersebut guna membahas tentang pembentukan poros ketiga di Pilpres 2019. Selain itu juga membahas mengenai konstelasi politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, termasuk membahas Pemilihan Presiden (Pilpres).

Meski demikian, Zulhas sapaan akrab zulkifli, mengungkapkan, hingga kini partainya belum membahas lebih jauh untuk bergabung dengan koalisi lama atau membentuk poros baru. Bahkan, diakuinya, pihaknya masih perlu melakukan penjajakan dengan partai politik lain.

“Menjajaki kan silaturahmi bisa saja. Kan bisa juga tanya-tanya bagaimana sikap Demokrat, PKB, dan PAN. Ya namanya ngopi aja boleh,” tukasnya.