Pilkada Jatim, PDIP: Tunggu Tanggal Mainnya

MONITOR, Surabaya – Pilkada Jawa Timur 2018 hanya tinggal hitungan Bulan, berbeda dengan PKB yang telah menyatakan dukungan kepada Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jatim yang akrab disapa Gus Ipul. PDIP belum sama sekali menyebut satu nama yang akan mereka dukung.

Seperti biasa PDIP menentukan bakal calon yang didukung pada last time atau waktu-waktu terakhir, hal itu memunculkan spekulasi tentang siapa yang bakal dicalonkan. Terakhir selain PDIP yang dikabarkan dekat dengan Gus Ipul, dikabarkan pula Megawati, pentolan Partai Berlambang Banteng itu sedang tertarik dengan sosok Tri Rismaharini.

Mengenai hal itu, Diberitakan Sekjen PDIP Hasto Krisyanto memang mengakui bahwa pihaknya belum menentukan pilihan untuk Pilkada Jatim, dia pun meminta publik untuk menunggu pengumuman bakal calon Gubernur atau Wakil dari PDIP. "Tunggu tanggal mainnya," begitu kata Hasto di Surabaya, Senin (11/9) sambil membuka kemungkinan mengusung Risma dialam gelaran pesta demokrasi tersebut.

Terlepas dari hal itu, kata Hasto, keputusan terakhir ada di tangan Megawati. "Keputusan terakhir ada di tangan Bu Mega, beliau akan mengambil keputusan terbaik," katanya. Ya, di Jawa Timur PDIP memang memiliki beberapa kader unggulan yang bisa saja ditunjuk sebagai bakal calon. Sebut saja Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Bupati Ngawi Budi Sulistyono yang biasa disapa Kanang dan Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi.

Jadi, lanjut Hato Krisyanto, "Tunggu tanggal mainnya," tandasnya.