Peringatan HUT-50 ASEAN Berlangsung Meriah

MONITOR, London – Peringatan hari jadi ASEAN ke-50, Selasa, di Gedung Kedutaan Besar Malaysia di Den Haag, berlangsung meriah dan diawali dengan penaikan bendera diiringi lagu Mars ASEAN.

Dikutip dari Antaranews. Acara ini dihadiri lima duta besar, yakni Dubes Filipina Jamie Victor B. Ledda, Dubes Indonesia I Gusti Agung Wesaka Puja, Dubes Vietnam Ngo Thi Hoa, Dubes Thailand Pornprachai Ganjanarint dan Dubes Malaysia Ahmad Nazri Yusof yang bertindak sebagai tuan rumah.

Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Den Haag Noira Solani kepada Antara, Kamis, mengatakan upacara peringatan 50 tahun ASEAN dihadiri Wali Kota De Haag Pauline Krikke dan Direktur Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri Belanda Peter Portman.

Tak hanya itu, para diplomat dari pewakilan negara-negara ASEAN di Den Haag pun turut hadir beserta beberapa undangan dan media massa lokal.

Dalam acara ini, Duta Besar Malaysia Ahmad Nazri Yusof menekankan ASEAN Comunnity Vision 2015 yang menempatkan ASEAN sebagai komunitas berorientasi dan berpusat kepada keragaman masyarakat sebagai aset pentingnya.

“ASEAN sekarang telah berkembang menjadi keluarga besar sepuluh negara dengan keragaman identitas, budaya dan agama namun saat bersaman bekerjasama menciptakan keamanan dan kesejahteraan bersama”. ujar Yusof.

Dua remaja putri dari Sekolah Indonesia di Wassenar sebagai perwakilan Indonesia menampilkan tarian Manuk Rawa dari Bali dalam seremoni yang ditutup dengan penampilan remaja Thailand yang menyanyikan lagu cinta.

Undangan dan para duta besar disuguhkan makanan khas tradisional ASEAN seperti chicken biryani dan dalca daging dari Malaysia, misro, tahu isi dan acar dari Indonesia, deep fried marinate beef dari Thailand, vegetarian springrolls dari Vietnam, dan buco pandan dari Filipina.