Perang Lawan Narkoba, Anggota Komisi III Buka Opsi Peningkatan Anggaran BNN

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI, Mulfachri Harahap menilai, pemberian kewenangan lebih kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam hal anggaran dapat memaksimalkan perang negara terhadap narkotika.

"Sungguh kita belum maksimal melakukan perang melawan narkoba. Seharusnya BNN diberikan kewenangan lebih melampaui kewenangan yang mereka miliki sekarang, semisal soal besaran anggaran yang diberikan pemerintah," kata Mulfachri.

Hal itu ia ungkapkan ketika memimpin pertemuan antara Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI dengan Kapolda Aceh, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Aceh dan Kepala BNNP Aceh beserta jajarannya di Banda Aceh, Selasa (27/2) lalu.

Disana, ia menemukan bahwa tren penyalahgunaan narkoba di Provinsi Aceh terus meningkat, dimana pada 2014 terdapat 1.415 tindak pidana dengan 1.831 tersangka, meningkat signifikan pada 2016 menjadi 2.188 kasus dengan 2.677 tersangka.

Untuk itu, Politisi Fraksi PAN itu menegaskan, dengan porsi anggaran yang lebih besar kepada BNN, juga akan menunjukkan komimen pemerintah dalam memerangi narkoba. "Saya kira, jika itu dilakukan baru kita bisa membuat kesimpulan bahwa pemerintah secara sungguh-sungguh ingin memberantas narkoba di negeri ini," tandasnya.