Pengamat Minta Pendukung Paslon Hormati Hasil Pilkada

Pengamat Politik Maksimus Ramses Lalongkoe (net)

MONITOR, Jakarta – Usai pemungutan suara di TPS, tibalah untuk melakukan penghitungan suara dan mengumumkan hasil dari perolehan suara. Banyak pihak yang mengharapkan Pemilukada ini berlangsung aman dan damai demi terwujudnya demokrasi berkualitas di bumi Nusantara.

Meski begitu, gesekan antar para pendukung pasca Pemiluka perlu diantisipasi. Untuk itu, Pengamat Politik Maksimus Ramses Lalongkoe meminta agar semua Pasangan Calon (Paslon) dan para pendukung dari masing-masing Paslon untuk menahan diri dan menerima dengan lapang dada atas apapun hasilnya nanti.

“Publik tentu berharap Pemilukada serentak ini berjalan damai dan aman, tapi juga perlu antisipasi gesekan pasca perhitungan suara, untuk itu para Paslon dan tim sukses juga pendukung harus mampu menahan diri dan harus lapang dada menerima hasil Pemilukada,” kata Ramses kepada MONITOR di Jakarta, Rabu (27/6).

Menurutnya, yang menjadi pemicu dari gesekan itu disebabkan karena adanya ketidakpuasan atas hasil dari perhitungan suara. Pasalnya, dikatakan olehnya bahwa semua masing- masing Paslon dan pendukung mengharapkan suatu kemenangan dan menjadi harga mati dalam Pilkada.

“Bisa terjadi gesekan, potensi-potensi seperti itu bisa saja sebab semua paslon dan pendukungnya ingin menang,” ujar Ramses.

Ia menambahkan, bahwa pada sebenarnya maksud dari Pemilukada ialah bertujuan untuk memilih calon pemimpin dan sekaligus sebagai sarana memperkuat kedewasaan politik dalam demokrasi di Indonesia.

“Untuk itu semua pihak harus sportif dan menghormati hasil Pemilukada demi kebaikan bangsa dan negara,” tandas Dosen Universitas Mercu Buana Jakarta ini.